Android dapat menyediakan Portable Hotspot

Posted on 30 Januari 2012

0



Android merupakan sebuah OS yang kebanyakan di gunakan di mobile/smartphone dimana pada dasarnya android ini sama halnya dengan OS LINUX yang merupakan OS yang bersifat opensource. Akhir-akhir ini di Indonesia Pengguna hp/smartphone Android melambung tinggi karena pada dasarnya HP/Smartphone yang berOS Android menyediakan Jutaan Aplikasi Gratis dan berbayar artinya HP ini sangat cocok bagi mereka yang suka bergaya hidup gaul, bisnis dan sebagainya.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagai sedikit tentang salah satu keunggulan HP/Smartphone yang berOS Android.  Salah satunya adalah dapat membagikan jaringan Hotsphot untuk diakses oleh user lain. Dalam hal ini HP/Smartphone yang saya maksud adalah Hp Samsung Galaxy yang tentunya telah memiliki OS Android minimal 2.2 (Froyo). Artinya dapat berbagi jaringan WIFI kepada User yang lain secara cuma-cuma. Langsung saja kita ketahapannya!

  1. Buka jendela pengaturan Anda, biasanya pengaturan ada dengan menekan tombol menu kemudian pilih Pengaturan.
  2. Pada jendela pengaturan pilih Submenu Wireless dan Jaringan
  3. Pilih submenu Tethering dan Portable Hotspot.
  4. Untuk mengkonfigurasinya Anda harus menCek Mobile AP terlebih dahulu, kemudian pilih pengaturan Mobile AP
  5. Setelah anda membuka konfigurasi Mobile Ap maka akan muncul kotak dialog baru isikan Nama jaringan anda Pd SSJD Jaringan, kemudian untuk keamanannya anda bisa memaanfaatkan menu pengaturan dimana dalam pengaturan tersebut ada 2 pilihan yang diberikan antara Open dan WPA2 PSK. Untuk open artinya User lain dapat masuk ke jaringan anda tanpa mengaktivasi security jaringan, tetapi untuk WPA2 PSK maka user tidak dapat masuk dengan mudah artinya harus mengaktifkan security terlebih dahulu.
  6. Jika Langkah 1-5 telah selesai maka selesailah pengaturannya, anda dapat langsung mencoba untuk mendeteksi WIFI anda tersebut dengan perangkat lain tentunya yang memiliki Layanan WIFI.\

Mudah Bukan…… <klo belum bisa coba terus…!>

😀

Posted in: Pembelajaran